PROFIL MAN 1 KENDARI
Senin, 29 September 2014
0
komentar
GAMBARAN UMUM
MADRASAH
A.
Propil
Madrasah Aliyah Negeri 1 Kendari
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1
Kendari merupakan alih
fungsi PGAN Kendari berdasarkan Surat
Keputusan Menteri Agama RI Nomor : 64/1990 pada tanggal 25 April 1990. Madrasah
ini adalah satu-satunya MA di Sulawesi Tenggara yang diberi tanggung jawab
menjadi Madrasah Aliyah Model berdasarkan keputusan Direktur Jenderal Pembinaan
Kelembagaan Agama Islam – Departemen Agama RI, Nomor E.IV/PP.00.6/KEP/17.A/98,
tanggal 20 Februari 1998 tentang Madrasah Aliyah model.
A.1.
Identitas MAN 1 Kendari
Sesuai
dengan namanya, MAN 1 Kendari terletak di kota Kendari provinsi Sulawesi
Tenggara, yang rinciannya sebagai berikut:
1. Nama Sekolah : MAN 1 Kendari
2. Alamat :
a. Jalan
: Pasaeno, No. 3
b. Desa/ Kelurahan : Bende
c. Kecamatan : Kadia
d. Kabupaten/ Kota : Kendari
e. Provinsi :
Sultra
f. Kode Pos :9117 g. No. Telepon/HP : …………….
3.
Mulai operasional : Tahun
1990
4.
Luas Tanah : …. m2
5.
Luas Bangunan : …… m2
6.
Status Tanah :
Milik Sendiri/ Hibah/ Sewa *)
7.
Status Bangunan : Milik
Sendiri/ Hibah/ Sewa*)
8.
Terakreditasi : A Tahun ………
A.2. Kesiswaan
1.
Rekrutmen Siswa dan Penjurusan
Calon siswa yang mendaftar
di MAN 1 Kendari pada empat tahun terakhir cenderung berfluktuasi. Untuk
mengontrol jumlah siswa baru sesuai daya tampung yang tersedia dilakukan
beberapa seleksi masuk diantaranya adalah seleksi nilai hasil ujian akhir
nasional pada tingkat SMP/MTs, seleksi kemampuan baca Al-Qur’an dan TPA. Jumlah rata-rata siswa yang
diterima tiap tahunnya sejak tahun 1990 sampai tahun 2009 adalah 315 orang yang
akan menempati tujuh kelas X. Namun jumlah ini akan berfluktuasi, yang
kemungkinan bertambah ataupun berkurang setelah berada pada kelas XI dan XII.
berikut keadaan siswa MAN 1 Kendari sejak tahun pelajaran 1990/1991 sampai dengan tahun pelajaran 2008/2009
Keadaan Siswa MAN 1 Kendari
sejak berdirinya hingga tahun pelajaran 2008/2009
Tahun
Pelajaran
|
Kelas I (X)
|
Kelas 2 (XI)
|
Kelas 3 (XII)
|
Total
|
||||||||
Lk
|
Pr
|
Jml
|
Lk
|
Pr
|
Jml
|
Lk
|
Pr
|
Jml
|
Lk
|
Pr
|
Jml
|
|
1990/1991
|
92
|
105
|
197
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
92
|
105
|
197
|
1991/1992
|
89
|
127
|
216
|
64
|
96
|
160
|
-
|
-
|
-
|
153
|
223
|
376
|
1992/1993
|
92
|
108
|
200
|
81
|
101
|
182
|
66
|
88
|
154
|
239
|
297
|
536
|
1993/1994
|
106
|
106
|
212
|
81
|
92
|
173
|
83
|
98
|
181
|
270
|
296
|
566
|
1994/1995
|
100
|
143
|
243
|
95
|
98
|
193
|
76
|
104
|
180
|
271
|
345
|
616
|
1995/1996
|
80
|
108
|
188
|
70
|
95
|
165
|
95
|
107
|
202
|
245
|
310
|
555
|
1996/1997
|
110
|
134
|
244
|
82
|
110
|
192
|
73
|
94
|
167
|
265
|
338
|
603
|
1997/1998
|
116
|
124
|
240
|
76
|
120
|
196
|
75
|
102
|
177
|
267
|
346
|
613
|
1998/1999
|
129
|
145
|
274
|
96
|
120
|
216
|
68
|
108
|
176
|
293
|
373
|
666
|
1999/2000
|
164
|
155
|
319
|
90
|
135
|
225
|
84
|
116
|
200
|
338
|
406
|
744
|
2000/2001
|
139
|
184
|
323
|
113
|
116
|
229
|
92
|
225
|
207
|
344
|
525
|
869
|
2001/2002
|
110
|
135
|
245
|
92
|
153
|
246
|
99
|
91
|
190
|
301
|
379
|
680
|
2002/2003
|
131
|
142
|
273
|
92
|
100
|
192
|
84
|
137
|
221
|
307
|
379
|
686
|
2003/2004
|
131
|
139
|
270
|
122
|
139
|
261
|
89
|
99
|
188
|
342
|
377
|
719
|
2004/2005
|
120
|
144
|
264
|
112
|
120
|
232
|
111
|
123
|
234
|
343
|
387
|
730
|
2005/2006
|
144
|
183
|
327
|
93
|
123
|
216
|
106
|
102
|
208
|
313
|
408
|
721
|
2006/2007
|
128
|
156
|
284
|
126
|
141
|
267
|
99
|
153
|
252
|
353
|
450
|
803
|
2007/2008
|
156
|
166
|
322
|
109
|
156
|
265
|
83
|
120
|
203
|
348
|
442
|
790
|
2008/2009
|
108
|
121
|
229
|
120
|
154
|
274
|
104
|
144
|
248
|
332
|
419
|
751
|
Pada mulanya MAN 1 Kendari memiliki tiga program
penjurusan yakni jurusan bahasa, Jurusan IPA, dan Jurusan IPS yang dilakukan
pada kelas XI, namun karena untuk menyesuaikan dengan kondisi pendidikan yang
ada di kota Kendari khususnya dan provinsi Sulawesi Tenggara umumnya, maka
sejak T.P. 2006/2007 sampai dengan T.P.
2010/2011 MAN 1 Kendari tinggal memiliki dua jurusan, yaitu IPA dan IPS. Untuk
selanjutnya sampai sekarang MAN 1
Kendari kembali memiliki tiga jurusan, yaitu IPA, IPS dan Keagamaan.
Perkembangan penjurusan pada kelas XII dapat dilihat pada tabel berikut.
Keadaan Siswa Kelas III
(Sekarang Kelas XII) MAN 1 Kendari sejak TP 1992/1993
Tahun
Pelajaran
|
Kelas Bahasa
|
Kelas IPA
|
Kelas IPS
|
Total
|
|||||||||
Lk
|
Pr
|
Jml
|
Lk
|
Pr
|
Jml
|
Lk
|
Pr
|
Jml
|
Lk
|
Pr
|
Jml
|
||
1992/1993
|
28
|
39
|
67
|
20
|
24
|
44
|
18
|
25
|
43
|
66
|
88
|
154
|
|
1993/1994
|
37
|
43
|
80
|
28
|
32
|
60
|
18
|
23
|
41
|
83
|
98
|
181
|
|
1994/1995
|
21
|
59
|
80
|
32
|
25
|
57
|
23
|
20
|
43
|
76
|
104
|
180
|
|
1995/1996
|
39
|
56
|
95
|
32
|
34
|
66
|
24
|
17
|
41
|
95
|
107
|
202
|
|
1996/1997
|
21
|
13
|
34
|
33
|
33
|
66
|
36
|
28
|
64
|
90
|
74
|
164
|
|
1997/1998
|
4
|
25
|
29
|
37
|
27
|
64
|
32
|
48
|
80
|
73
|
100
|
173
|
|
1998/1999
|
11
|
20
|
31
|
27
|
32
|
59
|
28
|
59
|
87
|
66
|
111
|
177
|
|
1999/2000
|
4
|
22
|
26
|
34
|
37
|
71
|
45
|
64
|
106
|
83
|
123
|
206
|
|
2000/2001
|
6
|
12
|
18
|
31
|
57
|
88
|
55
|
56
|
111
|
92
|
125
|
220
|
|
2001/2002
|
5
|
13
|
18
|
20
|
37
|
57
|
72
|
41
|
113
|
97
|
91
|
188
|
|
2002/2003
|
5
|
22
|
27
|
41
|
64
|
105
|
39
|
49
|
88
|
85
|
135
|
220
|
|
2003/2004
|
6
|
28
|
34
|
33
|
38
|
71
|
50
|
30
|
80
|
89
|
96
|
185
|
|
2004/2005
|
8
|
23
|
31
|
61
|
57
|
118
|
41
|
38
|
79
|
110
|
118
|
228
|
|
2005/2006
|
11
|
19
|
30
|
46
|
42
|
88
|
49
|
41
|
90
|
106
|
102
|
208
|
|
2006/2007
|
-
|
-
|
-
|
51
|
107
|
158
|
38
|
46
|
84
|
89
|
153
|
242
|
|
2007/2008
|
-
|
-
|
-
|
51
|
65
|
116
|
32
|
55
|
87
|
83
|
120
|
203
|
|
2008/2009
|
-
|
-
|
-
|
77
|
107
|
184
|
27
|
37
|
64
|
104
|
144
|
248
|
2.
Kegiatan Kesiswaan
Kegiatan
kesiswaan setiap tahunnya diprogramkan oleh wakamad kesiswan yang dibantu oleh
seorang pembina OSIS dan pembina bidang yang sesuai dengan kondisi Organisasi
Siswa Intra Sekolah (OSIS) MAN 1 Kendari sebagai kegiaan ekstrakurikuler.
Organisasi Siswa
Intra Sekolah (OSIS) MAN 1 Kendari memiliki beberapa unit organisasi penting
yang dapat membantu kreativitas dalam membentuk kepribadian serta melatih
kepemimpinan di kalangan siswa seperti: kegiatan PMR, UKS, PRAMUKA, Kelompok
Ilmiah Remaja (KIR), dan Siswa Pencinta Alam (SISPALA).
A.3.
Sarana dan Prasarana
MAN
1 Kendari dalam menyelenggarakan pendidikan telah mengupayakan pengadaan
berbagai sarana dan prasarana sebagai kebutuhan sebuah lembaga yang harus menghasilkan
sumber daya manusia yang berkualitas. Sarana pendukung tersebut antara lain
adalah perpustakaan, Laboratorium dan Aula.
a. Perpustakaan
Perpustakaan
ditangani sebagai salah satu kelengkapan organisasi MAN 1 Kendari ditangani
oleh seorang koordinator dan dibantu oleh dua orang staf layanan. Koleksi perpustakaan MAN 1 Kendari pada tahun
2009 adalah sekitar 4696 koleksi dari berbagai bidang ilmu, dan hingga dewasa
ini sedang mengupayakan pengembangan pelayanan bagi pembaca terutama dari
kalangan siswa.
b. Laboratorium
Laboratorium sebagai sarana penting dalam proses belajar mengajar sedang
berupaya untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran di MAN 1 Kendari. Laboratorium
ini adalah salah satu unit yang dikelola oleh masing-masing seorang koordinator
bidang yakni biologi, kimia, fisika, bahasa, komputer dan multimedia. Tugas
yang dilakukan oleh koordinator ini antara lain adalah : merencanakan pengadaan
alat dan bahan laboratorium, menyusun jadwal dan tata tertib penggunaan
laboratorium, dan menyusun laporan hasil pelaksanaan kegiatan laboratorium.
c. Aula (Audiotorium), Wisma dan Katering
Sebagai MAN Model, MAN 1 Kendari dilengkapi dengan Pusat
Sumber Belajar Bersama yang dikelola oleh satu tim yang memiliki struktur
organisasi tersendiri.
Fasilitas yang tersedia pada PSBB MAN Model Kendari
antara lain adalah sebuah gedung penginapan (wisma) dengan kapasitas kamar 115
orang, dua buah gedung katering yang
dilengkapi dengan ruangan makan, dan sebuah Auditorium dengan kapasitas 200
orang.
d. Ruang Tata Usaha dan Kepala Madrasah
e. Ruang Belajar
f. Ruang Guru
A.4. Ketenagaan
Berdasarkan
tenaga pengajar dan tata usaha (TU), MAN 1 Kendari terbilang cukup memadai dari
segi jumlah. Untuk tenaga pengajar, MAN 1 Kendari memiliki guru lebih dari
setengahnya adalah magister dan selebihnya adalah S1 pada bidangnya
masing-masing. Sebaliknya untuk tenaga TU, MAN 1 Kendari memiliki staf TU
kurang dari setengahnya adalah S1 dan selebihnya adalah tamatan SMA. Berikut
tabel yang menyajikan tentang ketenagaan di MAN 1 Kendari.
Daftar
Nama Guru di MAN 1 Kendari
No
|
NAMA
|
PENDIDIKAN
|
MATA PELAJARAN
|
1.
|
Dra, Hj. Syamsiar, S.Pd.,M.Hum
|
S -2
|
Geografi
|
3.
|
Alfiyah, S.Pdi
|
S - 1
|
Fiqhi
|
4.
|
Drs. H. Haris Mansur
|
S - 1
|
Al-Quran Hadits
|
5.
|
Annisa, S.Pdi
|
S - 1
|
Akidah Akhlak
|
6.
|
Sumarlina, S. Ag
|
S - 1
|
Akidah Akhlak
|
7.
|
Syamsinar, S.Ag.
|
S - 1
|
Fighi
|
8.
|
Basrun, S.Ag
|
S - 1
|
Fiqhi
|
9.
|
Dra. Aminah.M, M.Ag
|
S -2
|
Akidah Akhlak
|
10.
|
Zartini, S.Ag, M.PdI
|
S -2
|
Akidah Akhlak
|
11.
|
Dra. Hj. Nurlyn, M.Ag
|
S -2
|
Akidah Akhlak
|
12.
|
Drs. Rustam., M.Pd
|
S -2
|
Fiqhi
|
14.
|
Syarifuddin, S.Ag. M.Pdi
|
S -2
|
Alqur’an Hadis
|
15.
|
Lisnasari, S.Pd.,M.Hum
|
S -2
|
Bahasa Indonesia
|
16.
|
Dra. Jumrah, M.Pd
|
S -2
|
Bahasa Indonesia
|
18.
|
Rahmad, S.Pd,M.Pd
|
S -2
|
Bahasa Indonesia
|
20.
|
Drs. Abd. Rauf .T., M.Pdi
|
S - 2
|
Bahasa Jerman
|
21.
|
Dra. Hj. Sukmawati. M.Hum
|
S -2
|
Bahasa Inggris
|
22.
|
St. Asniatih, S.Pd. M. Pd.
|
S -2
|
Bahasa Inggris
|
23.
|
Ernida H.,S.Ag,.M.Pd
|
S -2
|
Bahasa Inggris
|
24.
|
Rusmiati B., S.Pd, M. Pd.
|
S -2
|
Bahasa Inggris
|
25.
|
Ld Muh. Subhan,S.Pd.
|
S - 1
|
Bahasa Inggris
|
26.
|
Drs. M. Taufiq, M. Ag.
|
S -2
|
Bahasa Arab
|
27.
|
Drs.H.Marsuki
|
S - 1
|
Bahasa Arab
|
28.
|
Moh. Syafruddin,S.Ag. M. Pdi.
|
S – 2
|
Bahasa Arab
|
29.
|
Gusnawati Akil, S.Ag.
|
S – 1
|
Bahasa Asing
|
30.
|
Su'mawati Achmad, S. Ag.
|
S – 1
|
Bahasa Asing
|
31.
|
Muh. Subhan, S.Ag.
|
S – 1
|
Bahasa Asing
|
32.
|
Alauddin, S. Pd., M. Si.
|
S - 2
|
Matematika
|
33.
|
Muzrin Imu, S.Pd.,M.Pd
|
S - 2
|
Matematika
|
34.
|
La Undi, S.Pd
|
S - 1
|
Matematika
|
35.
|
Hasrin Lamote, S.Pd, M.Sc
|
S - 2
|
Matematika
|
36.
|
Ma’sud Achmad, S.Pd.,M.Pd
|
S - 2
|
Fisika
|
37.
|
Faisah, S.Pd.
|
S - 1
|
Fisika
|
38.
|
Fitri Wahyuningsi, S. Pd.
|
S - 1
|
Fisika
|
40.
|
Dra. Sri Astuti,M.Pd.
|
S -2
|
Kimia
|
41.
|
Djusni Arief,S.Pd.M.Si
|
S -2
|
Kimia
|
42.
|
Hj. Patmawati, S.Pd., M. Pd.
|
S -2
|
Kimia
|
43.
|
Dra. Nitah Suryatima, M. Pd.
|
S -2
|
Kimia
|
44.
|
Drs. Mudair, M.Pd
|
S - 2
|
Biologi
|
45.
|
Drs. Muis. M.Pd
|
S - 2
|
Biologi
|
46.
|
Nurhayati, S. Ag., M. Si
|
S - 2
|
Biologi
|
47.
|
Fardiah, S.Pd.
|
S - 1
|
Biologi
|
48.
|
Zakaria Rasjid, S.Pd. M. Pd.
|
S - 2
|
Ekonomi
|
49.
|
Gusnawati L.,S.Pd. M. Pd.
|
S - 2
|
Ekonomi
|
50.
|
Haswy, S.Pd
|
S - 2
|
Ekonomi
|
51.
|
Asni, S.Sos., M.Pd
|
S
- 2
|
Sosiologi
|
52.
|
Dahria, S.Sos., M.Pd
|
S - 2
|
Sosiologi
|
53.
|
Erlin, S.Sos.
|
S - 1
|
Sosiologi
|
54.
|
Tasruddin, S.Pd
|
S - 2
|
Geografi
|
55.
|
Nursan, S. Pd.
|
S - 1
|
PKN
|
56.
|
Nurjannah, S.Pd.
|
S - 1
|
PKN
|
58.
|
Yulianti, S.Pd
|
S - 1
|
Sejarah
|
59.
|
Saenab, S.Pd
|
S - 1
|
Sejarah
|
61.
|
Andi Kartini, S.Pd
|
S - 1
|
Seni Budaya
|
62.
|
Ratna R, ST, M.Pd
|
S - 2
|
TIK
|
63.
|
Irwansyah Nawawi, S.Pd
|
S - 2
|
TIK
|
65.
|
Zulrahmat,S.Pd, M. Pd.
|
S - 2
|
Mulok Radio & TV
|
66.
|
La Ludi, S. Pd.M. Pd.
|
S - 2
|
Mulok Ket. Listrik
|
67.
|
St. Martini, S.Pd, M.Pd
|
S - 2
|
Mulok Tata Busana
|
68.
|
Dra. Dahliyah
|
S - 1
|
Mulok Tata Busana
|
69.
|
Nandar Frasasti, S. Pd.
|
S - 1
|
Penjas Orkes
|
70.
|
Lambolosi, S.Pd.
|
S - 1
|
Penjas Orkes
|
Daftar Nama Tata
Usaha di MAN 1 Kendari
No
|
NAMA
|
PENDIDIKAN
|
PEKERJAAN
|
1.
|
H.
Taufik Latuharhary, S. Sos
|
S
- 1
|
Ka. Tata Usaha
|
2.
|
Alwi Ridha, SE
|
S
- 1
|
Bendahara
|
3.
|
Junaedi, S.Kom
|
S
- 1
|
Stap Tata Usaha
|
3.
|
Hijerah
|
SMA
|
Stap Tata Usaha
|
4.
|
Wahda Najib, A.ma
|
D3
|
Stap Tata Usaha
|
5.
|
Hamriani
|
Madrasah
Aliyah
|
Stap Tata Usaha
|
6.
|
Fahra Akib
|
SMA
|
Stap Tata Usaha
|
7.
|
Asni. S.P
|
S
- 1
|
Stap Tata Usaha
|
8.
|
Ervina
|
SMA
|
Stap Tata Usaha
|
9.
|
Fadli Rais, S. Kom
|
S
– 1
|
Stap Tata Usaha
|
10.
|
La Ode Kasman
|
Madrasah
Aliyah
|
Stap Tata Usaha
|
11.
|
La Ode Abd Herman
|
SMA
|
Stap Tata Usaha
|
13.
|
La Ode Muh. Marwan Husaini
|
Madrasah
Aliyah
|
Stap Tata Usaha
|
14.
|
Agustriyanto
|
Madrasah
Aliyah
|
Stap Tata Usaha
|
15.
|
Dwi Widyanti
|
Madrasah
Aliyah
|
Stap Tata Usaha
|
17.
|
Badria
|
Madrasah
Aliyah
|
Stap Tata Usaha
|
18.
|
Isna
|
Madrasah
Aliyah
|
Stap Tata Usaha
|
19.
|
La Ija
|
|
Satpam
|
20.
|
Baharuddin
|
|
Satpam
|
B. Visi
dan Misi Madrasah
B.1. Visi
“Terwujudnya
Madrasah Aliyah Negeri 1 Kendari yang Islami, Unggul, Populis dan Kompetitif”.
B.2. Misi
a. Menanamkan nilai-nilai Islam dan karakter budaya bangsa dalam
proses pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran sebagai sumber kearifan dalam bertindak.
b.
Menerapkan pembelajaran yang
berwawasan Islami untuk meningkatkan kemampuan akademik dan bimbingan secara
efektif pada peserta didik dibidang sains, teknologi, keterampilan, dan
keagamaansebagai bekal untuk menuju pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan
dunia kerja.
c.
Meningkatkan kedisiplinan
warga madrasah dan mengembangkan bakat,
minat peserta didik melalui kegiatan pengembangan diri, serta pelayanan
yang optimal pada masyarakat baik kegiatan akademik maupun non akademik.
d.
Menciptakan daya saing
madrasah, baik akademik maupun nonakademik pada tingkat regional dan nasional.
C. Tujuan
MAN 1 Kendari
Berdasarkan
visi dan misi di atas, maka tujuan yang akan dicapai adalah :
1.
Menghasilkan
peserta didik yang senantiasa mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan
sehari-hari.
2.
Menghasilkan
peserta didik yang cinta kepada tanah air, seni, budaya bangsa.
3.
Menjadikan
MAN I Kendari sebagai madrasah yang kompetitifdibidang keagamaan, sains, teknologi, bahasa
dan seni.
4.
Membudayakan
warga madrasah untuk berdisiplin dalammenjalankan tugas dan
fungsinya.
5.
Meningkatkan
daya tarik masyarakat terhadap layanan pendidikan di lingkungan MAN 1 Kendari.
6.
Menjaga
lingkungan yang bersih dan rindang sehingga tercipta kenyamanan dalam proses
belajar mengajar.
Indikator Visi Madrasah Aliyah Negeri 1
Kendari.
Islami : Meningkatnya kebiasaan peserta
didikdalam mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari baik
dilingkungan madrasah maupun di
masyarakat.
Unggul : Meningkatnya prestasi peserta didik MAN 1 Kendari
diberbagai bidang mata pelajaran keagamaan, sains, teknologi, Bahasa, Olahraga dan seni.
Populis :
a.
Meningkatnya disiplin warga
madrasah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.
b.
Meningkatnya minat belajar
peserta didik pada program akademik.
c.
Meningkatnya minat belajar peserta
didik melalui program lintas minat/pendalaman minat.
d.
Meningkatnya
minat dan bakat pada program ekstrakurikuler dan pengembangan diri.
e.
Meningkatnya
animo masyarakat
terhadap penyelenggaraan pendidikan di MAN 1 Kendari.
Kompetitif : Meningkatnya daya saing MAN 1 Kendari di berbagai
bidang ilmu pengetahuan, keagamaan, teknologi, bahasa, olahraga dan
seni budaya.
Kegiatan-Kegiatan
Untuk Mencapai Visi Dan Misi:
- ISLAMI, yaitu menciptakan kegiatan yang bernuansa Islam meliputi :
a.
Membudayakan
salam dalam setiap kegiatan.(Rutin).
b.
Membudayakan
bacaan Basmallah dan Hamdallah.(Rutin)
c.
Membiasakan
tadarrus Al-Qur’an di awal pembelajaran.(Rutin)
d.
Melaksanakan Sholat dhuha
sebulan sekali pada waktu hari
Senin.
e.
Sholat
dhuhur berjama’ah pada istirahat ke-II (Rutin)
f.
Mewajibkan Sholat Jum’at bagi para peserta didik di
masjid At-Tarbiyah dan dzikir/shalawat bagi para siswi di Aula
MAN 1 Kendari tepat waktu
(Rutin)
g.
Mewujudkan
perilaku santun dan bersikap sopan.
h.
Memperingati
hari-hari besar keagamaan.
i.
Berceramah (Kultum) sebelum sholat dzuhur.
j.
Memperdalam pengetahuan keislaman melalui kegiatan pengembangan diri yang
telah dijadwalkan.
k.
Melakukan pencerahan keagamaan bagi siswi yang
berhalangan sholat.
- UNGGUL, yaitu berusaha menghasilkan prestasi yang optimal dalam berbagai bidang, diantaranya :
a.
Melaksanakan
kegiatan pengembangan kemampuan sains dan teknologi meliputi: matapelajaran
matematika, kimia, fisika, biologi, ekonomi dan TIK.
b.
Melaksanakan
kegiatan pengembangan kemampuan berbahasa seperti bahasa Indonesia, Bahasa
Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Jerman.
c.
Melaksanakan
kegiatan pengembangan kemampuan keagamaan meliputi: Keterampilan Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al-
Qur’an, tilawah Al Qur’an,
Kaligrafi, dakwah, pidato bahasa Arab.
- POPULIS, yaitu dikenal dan diminati masyarakat melalui :
a. Mengimplementasikan
tata tertib Madrasah secara konsisten dan komprehensif.
b.
Menyediakan layanan belajar
melalui programlintas minat/pendalaman minat.
c. Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler seperti Marching band, pramuka,
rohis, dan sains.
d.
Melaksanakan kegiatan pembinaan peserta didik yang
bernuansa Islami seperti Tilawah, Qasidah Rabbana moderen.
e. Melaksanakan program pemagangan ketrampilan pada dunia usaha dan
dunia industri (DUDI).
f. Memberikan pelayanan yang optimal melalui 4S
(salam, senyum, sapa, dan sambut).
- KOMPETITIF
Kegiatan-kegiatan
yang dilaksanakan:
a. Melaksanakan lomba di bidang akademik maupun non akademik secara
rutin
di tingkat madrasah
b. Mengikuti kompetisi di bidang
akademik maupun non akademik pada tingkat regional maupun nasional.
Prinsip Kerja
- Niat baik (innamal a’malu binniyaati).
- Keteladanan (modelling).
- Kedisiplinan (on time, on system and on rule).
- Keterbukaan dan Kebersamaan (one vision).
- Orientasi Pelayanan yang prima (sayyidul qaum khadimuhum)
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: PROFIL MAN 1 KENDARI
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://mansatukendari.blogspot.com/2014/09/profil-man-1-kendari.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5